RajaBackLink.com

RMI PCNU Kabupaten Serang Peringati Hari Santri Nasional Dengan Bedah Kitab dan Ijazah Sanad 19 Kitab

RMI PCNU Kabupaten Serang Peringati Hari Santri Nasional Dengan Bedah Kitab dan Ijazah Sanad 19 Kitab

*RMI PCNU Kab Serang Peringati Hari Santri Nasional dengan Bedah Kitab dan Ijazah Sanad 19 Kitab*

 

Bertempat di Pondok Pesantren Nurul Yakin kp Bunar Masjid Ds Sukajadi Kec Kragilan Kab Serang Banten dengan pengasuhnya Kyai Saepi, Robithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) NU Kab Serang selenggarakan peringatan hari santri Nasional 22 Oktober 2022.

 

Tema acara tersebut adalah bedah kitab Fikhul Hadhoroh dauri Nahdlotil Ulama dan ijazah 19 Kitab oleh Kyai H Imaduddin Utsman, S.Ag. MA Ketua RMI PWNU Banten juga Pengurus LBM PBNU dan Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlotul Ulum Cempaka Tanggerang.

Acara tersebut dihadiri 120 Pimpinan Pondok Pesantren Se Kab Serang, hadir juga sebagai tamu kehormatan Almukarrom Kyai H Imaduddin Utsman, Almukarrom Kyai H Khoeroni dari Majlis Masyayikh Kemenag RI Pusat, Kyai H Abi Hafish Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Khaer Tanggerang, Almukarrom Kyai H Siroj Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidz Pandeglang, 9 Kyai pimpinan Ponpes dari Songo Edan pusat, Kyai Hamdan Ketua PW Rijalul Anshor Banten, segenap Ketua RMI 29 Kec se Kab Serang dan Pengurus RMI NU Kab Serang, 50 personil Banser dari berbagai Kecamatan serta Kepala desa Sukajadi dan jajarannya.

 

Walaupun hujan deras, acara tetap dibuka pada jam 12.30 dengan tampilan Hadroh dari santri ponpes Nurul Yakin. Dan para peserta Bedah kitab walaupun hujan terus berdatangan.

Ustadz Mukri Syarif dan Ust Latif yg bertindak menjadi MC membuka acara tepat jam 13.00. Acara dibuka dengan Marhaba mahallul Qiyam dipimpi Ustadz Sofyan Tsauri Ketua MDS Rijalul Ansor Kopo.

Setelah Gema Kalam Illahi, diteruskan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, yaa Lal Wathon dan mars Hari Santri dipandu santri ponpes Nurul Yakin.

 

Acara selanjutnya Ketua RMI NU Kab Serang atas nama Panitia memberikan sambutan ucapan terimakasih sebesar besarny kepada tuan rumah Ponpes Nurul Yakin yang telah berkenan menyediakan tempat, Akomodasi dan lain lain. Juga disampaikan bahwa acara ini dari kita oleh kita dan untuk NU.

Kyai H Munawwar selaku Syuriah PCNU juga Rois Syuriah MWC NU Kragilan pada acara sambutan kedua menyampaikan bahwa Selaku tuan rumah, MWCNU Kragilan sangat berbahagia dihadiri dan didatangi ratusan Kyai pimpinan ponpes se Kab Serang, juga meminta doa kepada hadirin untuk rencana pembangunan Gedung sekretariat MWCNU Kragilan , juga kegiatan rutin bulanan pengajian MWCNU Kragilan yang Alhamdulillah telah terus berjalan.

Pada sambutan ketiga, Kyai Enjat Mujizat, S.Pd Fill atas nama PCNU sangat mengapresiasi kegiatan yg diselenggarakan oleh RMI NU Kab Serang. Dan mengajak semua Pesantren di Banten khususnya di Kab Serang untuk melestarikan dan mengajarkan karya karya Syaikh Nawawi Al Bantani.

 

Acara dilanjutkan dengan Bedah Kitab. Kyai Khoreni dari Majlis Masyayikh Pusat memberikan pengantar terkait kitab Karangan Kyai H Imaduddin Utsman. Dilanjutkan dengan pembacaan Muqoddimah kitab Fiqhul hadhoroh dan Fikroh an nahdliyyah oleh Ketua RMI NU Kab Serang.

Dibacakan pula Kitab kitab yang sanadnya akan diijazahkan, yaitu:

1. Nailul kamil fi sarhil awamil

2. A burhal ila tajwidil qur,an

3. Attaaruff fi suluki al tasawuf

4. Al anwarul al bantaniyah fi ikhtilafi ulama al bashroti walkuffati wal jawahiri al nawiyah

5. Al jalaliyah fi al qowa’idi al fiqhiyah

6. Talkhisul al husul fi ilmi al usul

7. Al fathu al munir fi syarhi mandzumati al tafsir

8. Nihayatu al maqsud fi syarhi nadzmi al maqsud

9. Al syarhu al maymun li matni al jauhari al maknun

10. Al Manahiju al sofiyah fi syarhi al alfiyah

11. Al muhimmah fi syarhi al mandumati al bayquniyah

12. Ruhu al mantiqi fi syarhi al sullami al munawroqi

13. Al fikrotu al nahdiyah fi usuli wa furu’i ahli al sunnati wa al jama’ah

14. Fathu al gofur fi abyati al buhur

15. Al qoul al mufid fi hukmi mukabbiri al souti fi al masajid

16. Al ibanah fi syarhi mukhtasori syarhi matni al rohbiyah

17. Al bidayah fi fiqhi al imam al syafi’i

18. Fiqhi nusantara

19. Fiqhu al hadoroti dauri jam’iyati nahdlati al ulama’i

 

Selanjutnya pengarang kitab Kyai H Imaduddin Utsman memaparkan berbagai hal terkait kandungan kitab kitabnya lalu mengijazahkan Sanad kepada Para Kyai pimpinan Ponpes yg hadir.

Acara ditutup dengan doa oleh Kyai H Siroj dari Pandeglang dan Kyai H Abi Hafiz dari Tanggerang.

 





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *