RajaBackLink.com

Belum Setahun Dibangun Irigasi P3TGAI di Cijaha Kecamatan Sajira Lebak Diduga Ambrol

Belum Setahun Dibangun Irigasi P3TGAI di Cijaha Kecamatan Sajira Lebak Diduga Ambrol

star7tv.com – LEBAK – Proyek Pembangunan Irigasi, pada Daerah Irigasi (DI) Cijaha yang dilaksanakan oleh Petani Pemakai Pengguna Air (P3A) Desa Sukamarga Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak, tahun anggaran (TA) 2022 sudah ambrol. Padahal proyek irigasi ini belum genap setahun, hal ini dikritisi pegiat sosial di Kabupaten Lebak.

“Yang jelas, jika kegiatan irigasi P3TGAI dilaksanakan sesuai RAB dan DED, Insya Allah hasilnyapun akan baik, tetapi jika umur bangunan belum genap setahun sudah ambrol, berarti ada ketidak beresan dalam pelaksanaannya, sehingga wajib ditelusuri,” kata Arif Hidayat, Sekretaris BK-LSM Kabupaten Lebak. Rabu, (26/10/2022).

Menurut Arif, pantauannya di lapangan ditemukan sejumlah Kegiatan Irigasi P3TGAI di Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Lebak, diduga dikerjakan asal-asalan, sehingga manfaatnya belum dirasakan secara maksimal oleh para petani,” ucapnya.

“Sejak beberapa tahun lalu, ada beberapa pekerjaan irigasi P3TGAI di Kabupaten Lebak, yang dikerjakan asal-asalan, namun baik pihak konsultan maupun dinas terkait, terkesan tutup mata, terlebih P3TGAI 2022 ini jelas ini tidak bisa dibiarkan, karena anggarannya pun cukup besar,” tambahnya.

Senada dikatakan Deden, pemerhati pembangunan asal Kabupaten Lebak. Menurutnya, Direktorat Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA), pada Kementerian Pekerjaan Umum (PU), segera melakukan evaluasi pembangunan irigasi P3TGAI di Kabupaten Lebak.

“Kami meminta Dirjen SDA pada Kementerian PU, segera turun ke Kabupaten Lebak, agar semua proyek irigasi P3TGAI yang dilaksanakan oleh P3A, dievaluasi ulang, bila perlu uji petik lapangan, sebab kami melihat banyak irigasi P3TGAI di Kabupaten Lebak, tidak sesuai fungsinya,” bebernya.

Diketahui, Proyek Irigasi P3TGAI ini, merupakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD), yang dianggarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU), pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). di Provinsi Banten, Satuan Kerja (Satker) pelaksana Irigasi P3TGAI ini, melalui Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian (BBWSC3), Proyek irigasi P3TGAI ini dilaksanakan secara swakelola oleh P3A, dengan anggaran mencapai Rp.195 juta per kegiatan,” tutupnya.

(Nom/Red)

 





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *