RajaBackLink.com

PERIHAL : KEGIATAN “JUMAT CURHAT” POLSEK BISSAPPU POLRES BANTAENG DI KEL BONTO LEBANG KEC. BISSAPPU KAB. BANTAENG.*

*PERIHAL : KEGIATAN “JUMAT CURHAT” POLSEK BISSAPPU POLRES BANTAENG DI KEL BONTO LEBANG KEC. BISSAPPU KAB. BANTAENG.*

 

Star7 Tv-Bulukumba- Pada hari Jumat tanggal 30 Desember 2022, sekitar pukul 09.30 wita bertempat di aula  Kantor  kecamatan Bissappu Kabupaten. Bantaeng Sulawesi Selatan telah berlangsung kegiatan “Jumat Curhat” yang diselenggarakan oleh Polsek Bissappu Polres Bantaeng .

Kegiatan tersebut dihadiri oleh :
IPTU AMIRUDDIN CONDE S.pd  (Kapolsek Bissappu)
A.SULTAN.S Sos (Camat Bissappu)
Kapten Inf Sulta S ( Danramil 1410-01 Bissappu, UlueredanSinoa)
-intan Bau SKM b3rsama Staf( Kapus Camakaloe)
– Muh. Syahrir (Kelurahan Bontolangkasa)
Rajamuddin S.Sos
( Kepala kel bonto jaya )
Hj Harynani (mewakili kadis Kesehatan Bantaeng)
Uzt Riibi S. Ag MM,( Kua Kec.Bissappu)
Para Kanit dan Bimmas Polsek Bissappu Babinsa sekec Bissappu
Para Staf dan Perangkat Kecamatan Bissappu kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menindak lanjuti Surat Telegram Kapolri Nomor : ST / 2812 / XII / REN.2. / 2022 tanggal 29 Desember 2022 yang diteruskan melalui Surat Telegram Kapolda Sulsel dengan Nomor :  ST / 1399 / XII / REN.2. / 2022 tanggal 29 Desember 2022 tentang pemberitahuaan Pimpinan terkait perintah untuk Pelaksanaan Kegiatan Jumat Curhat Serentak di seluruh Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan pada tanggal 30 Desember 2022. adapun warga masyarakat yang menjadi peserta pada kegiatan tersebut terdiri dari para Staf Ataf Kec.Bissappu, Staf Puskesmas Campakaloe, Lurah,kec Desa, Tomas, Toga berjumlah sekitar 60 orang.

Pada kegiatan tersebut Kapolsek Bissappu Iptu Amiruddin Conde S.Pd memberikan Arahan dan Penyampaian yang intinya sebagai berikut :
Memaparkan update keadaan situasi Kamtibmas di wilayah kec. Bissapu hingga saat ini menjelang malam Pergantian Tahun 2022-2023.
Mengharapkan agar warga melakukan Mitigasi  Dini Bencana Alam karena mengingat Cuaca Ekstrim akhir akhir ini dan menurut perkiraan BMKG akan berlangsung hingga awal tahun 2023 nanti.

Kapolsek Bissappu kemudian memberikan kesempatan kepada beberapa orang warga Kec.Bissappu untuk menuangkan segala keluhan dan permasalahan mereka selanjutnya Kapolsek mendengarkan keluhan dan permasalahan warga masyarakat, sekaligus memberikan respon dan penyelesaian terhadap keluhan dan permasalahan masyarakat tersebut.
Seperti warga Kel.Bonto Jaya yg disampaikan Kepala Kelurahannya Rajamuddin S.Sos mengenai Tauran anak Remaja dengan menggunakan mata Busur yang berkesempatan menuangkan keluh kesah ke pada Kapolsek untuk di tindak langjuti jajaranya Kamruddin Aiptu ,Umur 43 tahun, Pekerjaan Polri Aspolres Bantaeng

adapun persoalan Permasalahan seperti Pernikahan Tauran anak Remaja yang gunakan alat mata Busur Sehingga diberikan berdasarkan perintah terbaru Kapolri ke jajaran bahwa dan diperkuat Perintah Lisan Kapolda Sulawesi Selantan  jikalau ditemukan ada pelaku busur melakukan Perlawanan Tembak ditempat secara terukur Selain itu Bhabinkamtibmas akan menghimbau ke tempat Ibadha, Warkop dan kepada suluruh lapisan masyarakat utamanya ke tokoh Masyarakat dan Pemuda  membantu melarang  apabila ada anak ingin membuat atau bikin mata busur dan menghimbau kepada orangtua untuk mengingatkan anak anaknya agar tidak membuat/bikin mata busur

Juga peran Sudirman Umur 43 tahun, selaku Kepala Dusun Pati alamat kp. Tino Toa Dusun Tino desa Bonto Jai  kec. Bissappu Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan juga

Permasalahan Penanganan Kasus Pencurian apabila ada pelaku yang ditangkap tangan oleh warga seperti Pencuri ayam Solusi yang diberikan : agar para warga kiranya segera melaporkan kepada 3 Pilar Pemerintah Desa untuk diteruskan ke Polsek untuk penanganan selanjutnya apabila nilai kerugian lebih dari Rp. 2.500.000,- akan di proses hukum . Dan apabila dibawahnya akan di berikan sanksi sosial dan pembinaan khusus dan dibuatkan Surat Pernyataan . Selain itu perlu diselidiki juga apa yang menjadi pemicu kasus pencurian tersebut misalnya dalam wilayah tersebut ada aktifitas Judi dan Minum Minuman Keras yang terselubung yang perlu dihentikan.

Juga Syarifuddin S.Pd, Umur 46 tahun, Pekerjaan Ketua BPD alamat kp. Tino dsn Tino desa Bonto Jai kec. Bissappu Bantaeng.adqpun Permasalahan : Terkait Penutupan Jalan Poros Desa / Kecamatan apabila ada kegiatan Pesta hajatan solusi yang diberikan : Bahwa untuk saat ini kami menyampaiakan dan menghimbau kepada Warga agar apabila hendak mengadakan pesta hajatan untuk tidak menutup full jalan poros desa / kecamatan dan harus menyiapkan jalan alternatif agar tidak menganggu pengguna jalan lain. Kami juga hanya mengijinkan apabila  menutup setengah jalan poros dan pelaksnanya harus memberitahukan kepada Kami secara berjenjang. Dan nanti apabila ditemukan maka pelaksnanya kami akan tindak tegas dengan menyuruh membongkar bagian properti pesta yang menutup full jalan siapapun itu orangnya .

Kegiatan tersebut selesai pada pukul 10.00 wita dalam keadaan aman dan kondusif.Bahwa tujuan dari kegiatan Jumat Curhat tersebut adalah sebagai salah satu wadah kesempatan terbuka yang diberikan kepada Masyarakat untuk menuangkan keluhan & permasalahan yang mereka alami secara langsung kepada pihak Kepolisian setempat (Polsek) yang kemudian Kapolsek mendengarkan langsung sekaligus memberikan respon dan solusi / penyelesaian atas keluhan dan permasalahan masyarakat tersebut.
tidak menutup kemungkinan dalam kegiatan tersebut masih ada beberapa warga yang enggan mengungkapkan keluh kesah atas persoalan yang dialaminya secara langsung dengan berbagai alasan tertentu .

Dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat secara umum terhadap kinerja Kepolisian dalam menjalankan tupoksinya sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat serta dalam  hal Penegakan Hukum .

Sehingga langkah dalam melakukan Monitoring dan Pulbaket terhadap kegiatan tersebut serta membuat Laporan.rekomendasi
Agar kiranya Bhabinkamtibmas tetap menghimbau kepada warga binaannya agar dapat mempergunakan kesempatan tersebut sebaik baiknya untuk menyampaikan keluh kesah atas persoalan atau permasalahan yang dihadapinya secara langsung guna bersama sama dibantu mencarikan solusi/penyelesaian sehingga masyarakat dapat menjadi puas atas kinerja aparat Kepolisian dan Pemerintah setempat.

Agar kegiatan serupa dapat berkesinambungan dilaksanakan secara berkala diberbagai tempat dan kesempatan guna memacu peningkatan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah utamanya terhadap kinerja Kepolisian dalam menjalankan Tupoksinya sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat serta Penegak Hukum dalam wilayah Kecamatan Bissappu Kabupaten Bulukumba Sul-sel
(Kul indah) melaporkan dari Bantaeng

 





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *