RajaBackLink.com

Penyerahan Hadiah Lomba Gerak jalan tradisional Tanggul-Jember (Tajemtra) Tahun 2024.

Penyerahan Hadiah Lomba Gerak jalan tradisional Tanggul-Jember (Tajemtra) Tahun 2024.

Star7tv.com – JEMBER – Agenda kegiatan Pemerintah Kabupaten Jember Untuk peringatan HUT RI ke 79 Begitu banyak Salah satu Agenda tersebut adalah gerak jalan tradisional Tanggul-Jember (Tajemtra) yang di adakan setiap tahunnya Oleh Pemerintah Kabupaten Jember.

Melalui Dinas pemuda dan Olahraga Kabupaten Jember , Jumat 6/9/2024 Di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga yang berada di Jember Sport Garden(JSG).

Sudah tiba saat bagi peserta yang mengikuti Penyerahan hadiah bagi pemenang Tajemtra 2024, dilaksanakan di Kantor Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Jember.

Melalui Kepala Dispora Jember Dr Edy Budi Susilo menjelaskan bahwa dalam Tajemtra 2024, terdapat penambahan jumlah katagori yang dilombakan.

“Pada tahun 2023 terdapat 4 katagori, maka pada tahun 2024 bertambah 6 katagori,” ujar Edy.

Begitupula dengan jumlah hadiah, juga mengalami peningkatan. Jika pada tahun 2023 jumlah hadiah sebesar Rp 200 juta, maka pada tahun 2024 sebesar Rp 250 juta.

“Semoga pada tahun 2025 lebih meriah lagi, sehingga hadiah juga lebih besar lagi,” ujarnya.

Edy berharap pada tahun 2025, akan ada inovasi untuk melibatkan difabel.

“Semoga pada tahun 2025, kita bisa mengikut sertakan peserta difabel,” harapnya.

Tajemtra menurut Edy merupakan pesta rakyat, yang sudah selayaknya semua rakyat Jember turut terlibat bergembira dalam menyelenggarakan Tajemtra.

“Ini sungguh sungguh pesta rakyat, yang dapat diselenggarakan dengan cara bergembira, tidak ada kepentingan macam macam, kecuali pesta rakyat, hiburan untuk rakyat,” ujarnya.

Peserta Tajemtra 2024, diikuti oleh 15.155 peserta, sedangkan pada tahun 2023 sebanyak 11.139 peserta.

“Ya, mengalami peningkatan sebanyak 4000 an peserta,” ujarnya.

Sedangkan pesertanya berasal dari 16 daerah di luar Jember, diantaranya daerah di Provinsi Jawa Timur, Bogor, Bandung, Bali dan Samarinda.

“Rata rata perorangan, termasuk ada 11 WNA, berasal dari China, yang bekerja di Jember, juga ikut menjadi peserta,” jelasnya.

Ada sejumlah anggaran yang dikembalikan ke Kas Daerah, karena terdapat 57 regu putri, yang memenuhi syarat hanya 10 regu.

“Dari 10 regu itu, yang betul betul memenuhi syarat, jumlahnya anggota regunya lengkap, stempelnya lengkap, jamnya lengkap itu hanya 2 regu,” katanya.

Karenanya, panitia tidak berani memaksakan untuk menentukan juara 3 nya.

“Kalau dipaksakan nanti malah tidak fair, untuk itu maka hanya kita serahkan hadiah untuk juara 1 dan 2 saja. Sedangkan untuk hadiah juara 3 kita kembalikan ke Kasda,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten 3 Setdakab Jember Harry Agustriono, yang juga selaku Ketua Panitia Penyelenggara Tajemtra 2024, menjelaskan bahwa semangat Tajemtra sudah semestinya dipertahankan.

“Semangat yang diwariskan oleh para pendahulu melalui Tajemtra ini sudah selayaknya dipertahankan, karena dampak positifnya,” ujarnya.

Semangat itu terlihat baik dari para peserta maupun masyarakat yang menyaksikan dipinggir jalan.

“Bisa kita lihat, mulai start hingga akhir, tampak partisipasi masyarakat cukup tinggi. Mereka menyambut peserta dengan hiburan dipinggir jalan,” ujarnya.

Tak terkecuali, penyelenggaraan Tajemtra juga berdampak pada UMKM, yang meraih untung berjualan di pinggir jalan.

“Semangat kebersamaan itulah yang harus kita pertahankan,” tegasnya.

Demikian pula, dengan keterlibatan TNI Polri, yang turut terlibat mensukseskan penyelenggaraan Tajemtra 2024.

“TNI Polri juga turut menertibkan penyelenggaraan Tajemtra, termasuk menata arus lalu lintas,” jelasnya.

Harapannya, kedepan penyelenggaraan Tajemtra akan lebih meriah lagi, termasuk bertambahnya peserta beregu dadi daerah lainnya.

“Kami sudah koordinasi dengan asisten 3 Provinsi Jawa Timur, untuk penyelenggaraan di masa mendatang,” pungkasnya.

Bagus Sugiono

 





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *