RajaBackLink.com

Proyek Paving Blok Halaman SDN Setialaksana 03,Di Komplain Warga.

Proyek Paving Blok Halaman SDN Setialaksana 03,Di Komplain Warga.

BekasiStar7Tv.com — Penting nya sekolah memiliki halaman sekolah yang baik, karena halaman sekolah merupakan tempat untuk melakukan semua kegiatan baik upacara, olahraga maupun kegiatan-kegiatan sekolah lainnya. Karena perlunya sekolah memiliki halaman yang nyaman untuk para peserta didik.

Saat ini sedang dilaksanakan pembangunan pemasangan paving blok halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Setialaksana 03. Yang berlokasi di Jl Garon Setialaksana Desa Setialaksana Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Namun sangat di sayangkan pelaksanaannya di komplain warga karena diduga pihak proyek tidak transparan dan di kerjakan tidak sesuai spesifikasi alias asal asalan. Jumat. (20/10/2023).

Dari pantauan dilokasi kegiatan pemasangan paving blok halaman sekolah tersebut tidak diketahui sumber dana nya berapa jumlah anggaran nya dan sebagai pelaksana kegiatan, karena diarea kegiatan pihak proyek tidak memasang papan informasi proyek.

Agar diketahui setiap kegiatan yang menggunakan anggaran pemerintah di wajibkan memasang papan informasi kegiatan, sebagaimana yang tertuang dalam undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Agar masyarakat bisa mengetahui untuk ikut serta mengawasi kegiatan tersebut apakah sudah sesuai atau sebaliknya.

Selanjutnya pada pekerjaan dasar tidak ada proses pemadatan dengan alat pemadat, karena tahap pemadatan area kerja merupakan sebuah proses yang nantinya akan sangat menentukan berapa kuat dan tahan lama pemasangan paving blok yang telah di kerjakan. Seberapapun tinggi mutu beton paving blok yang digunakan akan menjadi sia-sia jika kurang memperhatikan dalam proses pemadatan lahan dasar.

Tidak saja hal tersebut proyek pemasangan paving blok halaman sekolah tidak menggunakan kanstin kontruksi terbuat dari beton pracetak dengan metode fabrikasi, sebagai penahan ataupun pengunci susunan paving blok yang di pasang agar tidak tergeser atau berpindah posisi ketika terpasang.

Agus salah satu pekerja saat di konfirmasi mengungkapkan bahwa pihak proyek tidak memberikan papan informasi kegiatan untuk di pasang di lokasi proyek. Dirinya mengatakan tidak ada alat pemadat karena menurutnya tidak ada proses pemadatan. Agus katakan pemasangan paving blok tidak memakai konstruksi kanstin fabrikasi.

“Papan informasi proyek nggak tahu saya bang, ya bos nggak ngasi papan informasi, (BT) yang punya proyek ini nggak suruh pasang papan informasi kalau ada mah di pasang, stamper nggak ada pokoknya intinya ini kan udah padat udah di urug langsung di pasang, dari sanah nya mungkin nggak ada bang, kalau ada mungkin udah di stamper dulu, karena ini udah padat, nggak ada kanstin nggak pakai. “Ungkap Agus.

Hal demikian mendapat komentar dari warga sekaligus orang tua murid di SDN Setialaksana 03 salah satu nya Karmin, menurutnya pekerjaan pemasangan paving blok halaman sekolah harus ada pemadatan, agar permukaan paving blok tidak bergelombang, dan harus memakai kanstin dari pabrik yang sudah di jamin kualitas nya agar pemasangan paving blok tidak bergerak, Karmin menegaskan agar pihak proyek di tegur supaya pekerjaan dilaksanakan dengan baik.

“Kalau nggak ada pemadatan kurang rapih permukaan Paving Blok akan bergelombang, harusnya pakai kanstin dari pabrik soalnya itu penjaga supaya Paving Blok nggak geser, saya atas nama warga sekaligus orang tua murid berharap pihak proyek harus di pertanyakan terkait pekerjaan nya yang diduga kurang baik karena walaupun paving blok nya bagus tetap ajah kalau nggak ada pemadatan akan bergelombang dan geser paving blok nya. “Harap Karmin.

“Kalau saya masalah papan informasi saya nggak tahu, tapi kalau masalah pekerjaan kita pihak sekolah akan komplain ke Dinas kita mah langsung ke konsultan PUPR, kalau memang tidak sesuai kalau saya mah prosedur, iya kita mah moto doang karena menurut saya ini tidak sesuai, ini pekerjaan dari Dinas PUPR karena kita ngajuin nya ke Dinas PUPR. “Komentar tegas di sampaikan pihak sekolah (EM), yang menurut nya pekerjaan pemasangan paving blok halaman sekolah SDN Setialaksana 03 tidak sesuai spesifikasi, selanjutnya (EM) akan melaporkan ke Dinas PUPR.

Konsultan pengawas dinas jangan tutup mata diharap turun kelokasi proyek pemasangan paving blok halaman SDN Setialaksana 03, yang di diduga di kerjakan tidak sesuai spesifikasi alias asalan asalan, berikan teguran dan peringatan kepada pihak pelaksana kegiatan, supaya pelaksanaan kegiatan sesuai dengan aturan serta spesifikasi dalam isi kontrak.

Rs

Sumber Korwil 4 DPC AWIBB Bekasi Raya

 





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *